3 Alasan Penting Kenapa Harus Hidup Berkomunitas

Pepatah mengatakan bahwa:
Kejarlah ilmu hingga ke Negeri China

Meanwhile, kalau kamu memang ingin berkembang, carilah tempat yang bisa kamu jadikan rumah dan orang-orang di dalamnya sebagai keluargamu. Ini kisah anak rantau yang jauh dari rumah dan tidak memiliki teman cukup banyak di kota orang. Perkenalkan, namaku Septi. Tapi, teman-teman sekolah lebih mengenalku sebagai septsepptt. Sudah, namanya memang alay, tapi paling tidak ini adalah branding yang sudah melekat sejak lama padaku. Aku bangga! Hahahahaha

Awal-awal dulu di Jakarta rasanya benar-benar buta aku mau ke mana, mau main sama siapa. Kupikir dulu Jakarta memang terlalu keras untuk penduduk pendatang sepertiku. Sayangnya, doktrin seperti ini membuatku terhambat untuk bisa hidup berkembang dan menemukan network baru.

Waktu berlalu, aku mulai memberanikan diri untuk ikut ke acara seminar yang diadakan di Jakarta. Meski masih cupu di kota orang (biasanya di kota sendiri malu-maluin soalnya), aku berusaha untuk bisa menikmati atmosfer baru di kota metropolitan ini. Yah, Jakarta memang beda. Anak-anaknya lebih banyak yang tertarik untuk menemukan sesuatu yang baru. Kalau dulu di kotaku, aku benar-benar tidak bisa menemukan orang baru setiap saat setiap kali ada acara. Dan ini membuatku kecewa.

The Backstage - Ziliun's event

Beruntunglah, di Jakarta anak-anaknya lebih terbuka dan benar-benar senang berkomunitas. Sampai pada akhirnya aku ikut meetup komunitas Local Guides Jakarta dan engingeng aku bertemu dengan seseorang yang mengajakku untuk join ke komunitas Blogger Jakarta. Mas Ichsan, yang juga ketua Blogger Jakarta ini mengajakku untuk join bersama komunitas yang ia gawangi selama ini. Awesome! Dapat networking baru! Senangnya bukan main :)



And here we go, aku pengen banget kalian juga bisa hidup berkomunitas. Kenapa? Mari kita simak alasan yang aku temukan selama aku bertapa semalaman! (Nggak deng, canda ini mah XD)

Ada Rumah Untuk Singgah

Jadi anak kos pasti bosan banget, kan? Ini yang aku rasain selama menjadi anak kos yang merantau ke kota orang untuk bekerja. Bukan untuk kuliah. Beda lho ya, beda. Menghabiskan waktu di kosan itu tidak akan semenyenangkan kalau menghabiskan waktu di luar kosan. Entah itu untuk jalan-jalan nggak jelas atau memang bertujuan. Nah, dengan berkomunitas, tentu aku bisa menemukan tempat lain untuk melepaskan penat *halah.

Dengan bergabung ke komunitas, aku tentu bisa punya 'rumah' untuk singgah. Aku akan menemukan teman-teman baru yang bisa  membuatku melupakan sejenak beban pekerjaan atau problem pribadi yang biasanya bikin nggak produktif. Memiliki rumah, berarti memiliki keluarga. Sudah pasti, dengan hidup berkomunitas, aku punya rumah dan keluarga baru, toh? Let's start with komunitas Blogger Jakarta! ^^

Melebarkan Sayap Networking

Nih, kalau ini cocok untuk yang punya 'big curiousity' dalam hal apapun. Anak-anak blogger itu background-nya macam-macam. Dari IT ada, multimedia ada, teknik ada, agency ada, penulis ada, graphic design ada. pokoknya lengkap! Gabung di komunitas blogger, nggak cuma bakalan bikin aku jadi punya teman baru, melainkan juga punya networking dan ilmu baru. Aku jadi bisa tahu bidang apa saja yang sebelumnya aku nggak tahu dari mereka semua.

Tentu saja, hal ini nggak bisa aku catch dengan aku duduk di kosan doang, kan? Makanya, aku memutuskan untuk berkomunitas, biar nggak bego-bego amat karena terlalu mager di kos! Hahahahaha... Ini pun berlaku untuk kalian semua yang pengen dapat insight dunina kerja baaru. Siapa tau mau resign ya, kan? ^^

Ketemu Jodoh

Eh ini eh ini bukan kode lho, ya! Tapi emang cinta lokasi alias cinlok itu nggak bisa dipungkiri. Beberapa kali ikut komunitas, pasti ada yang cinlok. Ini positif kok, asalkan jangan sampai nggak produktif di komunitas karena kebanyakan pacaran aja, sih. Anyway, cinlok itu nggak melulu soal sama pasangan. Bisa jadi kamu cinlok sama mas-mas atau mbak-mbak yang pinter yang bisa bikin kamu tahu banyak hal baru. Mmmm.. Asyik banget sih kalau yang ini.

Kalau aku sih pengen ketemu jodoh di komunitas Blogger Jakarta yang bisa kasih aku insight banyak hal di dunia penulisan. Kalau ngomong di bidang yang sama aja nyambung, pasti nanti bisa jadi teman dekat dan teman curhat hahahahaha. Kan aku masih cupu kalau soal nulis nih, wajar kan kalau aku berharap bisa jadi penulis andal kayak teman-teman Blogger Jakarta? ^^

Meski aku hanya memaparkan 3 alasan, itu bukan berarti cuma ini yang akan kamu dapat kalau hidup berkomunitas. Masih buanyaaaakkk banget manfaat lain yang bisa kamu dapatkan kalau kamu berkomunitas. Asal niatnya memang untuk menemukann teman, lingkungan dan ilmu baru, pasti kamu bakalan dapat banyak manfaat, kok!

Kalau kamu, komunitas apa saja yang sudah kamu ikuti? Ceritain dong apa yang sudah kamu dapatkan selama berkomunitas! ^^

Salam,

Jakarta Barat - 28 Januari 2017

4 komentar

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^