Jumat, 24 Maret 2017

Jutaan Jiwa Penduduk Somalia Terancam Kelaparan, Mari Bergerak bersama ACT!

Hidup di Negara yang aman dan tidak pernah merasakan ketegangan serius (kecuali dalam urusan politik) adalah salah satu bentuk rezeki yang harus disyukuri. Saat sumber daya tersedia dengan begitu melimpahnya; air bersih, tanah luas, udara bersih dan pemukiman yang masih layak. Pun, begitu banyak hasil alam untuk dimakan tanpa harus repot-repot memakan makanan tak layak makan saat sedang benar-benar kelaparan.

Tapi bagi mereka yang hidup di Somalia, salah satu negara yang terletak di Afrika harus berjuang untuk bisa bertahan hidup dari kelaparan. Tepat tanggal 19 dan 20 Maret 2017 lalu, setidaknya ada 26 orang meninggal di Somalia karena kelaparan. Dan 50% dari populasi penduduk di Somalia saat ini tengah mengalami kekurangan makanan dan gizi.

Belum lagi musim kemarau panjang yang terjadi di Somalia menyebabkan negara ini mengalami kekeringan yang luar biasa. Alhasil, begitu banyak hewan ternak tewas dan sungai-sungai yang ada di Somalia mengering. Rakyat Somalia pun kini tengah dilanda krisis air bersih karena sumur-sumur di sekitar kota tersebut juga ikut mengering.

Source: Google Images
Ket: Hewan ternak mati karena kemarau berkepanjangan


Source: Google Images

Tidak mudah untuk bisa  membangun sumur di kota Jubaland (salah satu kota yang dilanda krisis di Somalia). Lembaga Kemanusiaan ACT mencatat butuh sekitar 1.8 miliar dana hanya untuk bisa membuat satu sumur. Oleh karena itu, kini warga Jubaland harus segera melakukan perjalanan ke Mogadishu, ibukota Somalia dengan menggunakan keledai dan bus untuk mencari perlindungan.

Fenomena El Nino


Kondisi yang dialami oleh masyarakat Somalia disebut dengan fenomena El Nino. Adalah suatu fenomena perubahan iklim secara global yang diakibatkan oleh memanasnya suhu di permukaan air laut passifik tepatnya di bagian timur. Dan daerah Timur dan Selatan Benua Afrika yang paling terkena dampak kekeringan olehnya.

Fenomena El Nino - Source Image: Google

PBB Mencatat Somalia Resmi Tercatat Sebagai Negara dengan Status Bencana Kelaparan


Sejak tahun 2011, status bencana kelaparan sudah resmi ditetapkan oleh PBB. Kondisi kekeringan yang terjadi di Somalia ternyata juga dialami oleh 3 negara yang ada di sekitarnya, yaitu Negara Sudan Selatan, Nigeria, serta Yaman.

Bahkan, kondisi kelaparan di Somalia sudah tidak bisa lagi dikendalikan. Begitu minimnya makanan, hingga satu dengan yang lain harus saling berebut untuk bisa makan. Tidak perlu enak, bisa makan saja bagi mereka sudah sangat lebih dari cukup.

Source : Google Images

Sebagai bentuk aksi kemanusiaan, salah satu lembaga kemanusiaan asal Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) melakukan penggalangan dana bernama #FoodForSomalia sejak 2011. Tujuan dari program #FoodForSomalia ini adalah untuk menghimpun dana kemanusiaan dari seluruh umat untuk dibelikan makanan agar bisa dikirimkan ke warga Somalia.

Saat ini, Tim kemanusiaan ACT telah menjadi pembuka jalur untuk para aktivis yang ingin menyalurkan bantuan ke Negeri Somalia. Dan kita, masih memiliki kesempatan untuk ikut menyalurkan bantuan makanan ke Somalia melalui rekening berikut:

Bank BNI/BNI Syariah 66-00000-120
Bank Syariah Mandiri 777-778-9777
Bank Mandiri 128-000-4793-136
Atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap

Andaikan kamu tergerak untuk  menjadi aktivis dan relawan bersama ACT, guys. Cek langsung ke http://act.id untuk informasi selengkapnya. Di sana, kamu bisa ikut menjadi bagian dari relawan yang ikut berjuang untuk bisa menyalurkan makanan ke Somalia.

Karena hakikat menjadi manusia adalah tentang membantu sesama, maka adalah wajib bagi kita untuk ikut mengulurkan tangan untuk saudara kita di Somalia. Karena Somalia adalah saudara dan saudara kita ada di Somalia.

Yuk, ringankan, doakan. Ada begitu banyak cara untuk bisa berbagi kebaikan. Salah satunya adalah dengan membagikan informasi ini agar semakin banyak yang tahu dan semakin banyak yang berbagi kebaikan. Mari, panjangkan dan ringankan tangan kita untuk bisa membantu sesama. Jazakumullahu khairan katsiran ^^

29 komentar:

  1. Dari jaman aku kecil sampe aku dewasa Somalia masih jadi negara yang terancam kelaparan ya mba Dwi. Semoga segera terselesaikan masalah ini aamiin dan banyak tangan-tangan yang membantu sehingga kelaparan ini tidak berlangsung terus menerus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba.. Menyedihkan sekali ya mbaa.
      Semoga saja selalu ada pertolongan untuk saudara-saudara kita ya, mba ^^

      Hapus
  2. Hiks, aamiin, cuma bisa mendoakan dulu

    BalasHapus
  3. Sedih bangeeet.. Kalau anakku lagi malas makan, langsung kuceritain soal somalia ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mbaaa, ternyata kita jauh lebih beruntung dari mereka :")

      Hapus
  4. Ya Allah, sediih..bersyukurlah kita tinggal di Indonesia..bintangin semoga bisa ikut bantu..

    BalasHapus
  5. Semoga SOmalia makin maju ya mbak, dan nggak ada kelaparan lagi. Miris bacanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga negara2 kekurangan dicukupkan ya mba

      Hapus
  6. Pertama, alhamdulillah kondisi kita masih lebih baik dari mereka ya mbak Dwi..

    Kedua, semoga kondisi Somalia bisa berangsur membaik, dijauhkan dari segala bencana dan dinormalkan segalanya supaya masyarakatnya hidup lebih layak, aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, iya mba kejadian di Somalia bikin kita wajib banget bersyukur sama kehidupan yang kita punya sekarang ini

      Hapus
    2. Mbak saya mau komen di 7 makanan khas Semarang nggak bisa masuk huhu.., kalau disini komennya mudah sekali yaa.. :)

      Hapus
    3. Waah baru baca. Makasih ya mba supoortnya. Berkat support teman-teman saya menang juara mba :")

      Hapus
  7. Megara ini dr dulu smp sekarang Blum sama sekali Ada pemecahan jln kluarnya baik PBB maupun negara trdekatnya Blum bisa bnyk membantu harapanya Ada di diri kita donasikan Dana bantuan jg doa,, nuhunn mba diingatkan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, banyak banyakin doa untuk mereka ya mbaa

      Hapus
  8. Ya Allah sampe segitunya keadaan di somalia, semoga ada bantuan dan perbaikan kualitas hidup disana baik dari pemerintah dan warganya sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin doanya ya mas untuk saudara kita di Somalia :)

      Hapus
  9. Tentu sedih rasanya melihat saudara di belahan dunia lain bahkan untuk makan pun harus berjuang mati-matian. Saya berdoa agar mereka diberi kekuatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, selalu sertakan doa untuk saudara kita di Somalia ya kak :)

      Hapus
  10. Sediiih liat kondisi warga Somalia, moga ada rejeki buat bantu, tak save dulu noreknya ya Sep, makasihh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mba rahmi, makasih ya mba.. Mudah2an rejekinya dilancarkan :)

      Hapus
  11. duh miris ya. semoga mereka diberi ketabahan yang ber lipat2 dan semoga aku bisa melakukan sesuatu untuk membuat keadaan mereka lebih baik. hiks :(

    BalasHapus
  12. Somalia :( moga gerakan dari ACT bisa menambah semangat utk yg lain ya mba. Mudah2an segera berakhir jg penderitaan saudara2 kita di sana Amin..

    BalasHapus
  13. Semoga Saudara2 kita di Somalia bisa bersabar dan semoga mereka tidak menderita lagi.Amin

    Kita sangat bersyukur sekali tinggal di Indonesia yang subur dan Makmur. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, kang. Semoga kita termasuk orang2 yang bersyukur yaaa :)

      Hapus
  14. Berucap Alhamdulillah karena di tempat kita berada kita relatif lebih tenang dan tentram, tapi juga sekaligus beristigfar melihat penderitaan saudara-saudara kita di negeri konflik. Kadang terbetik juga tanya, ya Allah kapan semua ini berakhir...semoga saudara-saudara kita di sana selalu diberikan kesabaran...aamiin.

    BalasHapus

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^