Digital Strategist Itu Biasanya Ngapain Aja Sih Kalau Lagi Internetan?

Sep, lo tu ngapain sih tiap kali kemana mana bawa laptop?
Harus banget ya gadget-an terus tiap kali pergi?
Kerjaan lo sebenernya apaan sih, Sep?


Aku sediiihhh, aku sediiiiiih dengan pertanyaan ini wkwkwk. Meskipun sedih, aku cukup senang mendengarnya dari teman-teman yang penasaran dengan apa pekerjaanku. Yes, meskipun kadang sebel juga kalau digreseni, aku tetap saja cinta sama mereka. Sebab, dengan mereka bertanya demikian, artinya mereka perhatian sama aku. Iya, mereka berarti memperhatikan kegiatanku, to? Buktinya mereka sampai nanyain aku sebenarnya itu ngapain aja kegiatannya. Aih, seneng deh ada yang merhatiin hahahha. (dasar jombloooooo)

Jadi nih, banyak banget yang suka nanya Septi tu ngapain sih kegiatannya sampai bisa jalan-jalan terus padahal nggak kerja wkwk. Ya Allah ini beneran deh bukan omongan yang enak banget hahah. Aku kerja kok kerja, tetapi online as a digital strategist. Jadi, aku itu kerjanya bisa di mana aja selama ada internet dan laptop. Sama aaa satu lagi, colokan! Wakaka bravo!

Emangnya, Sep, kalau pas lagi open laptop dan internetan ngapain aja, sih?

Biar nggak salah paham, biar nggak ada yang ngira aku doing something, aku jelasin ya sedikit demi sedikit. Seorang digital strategist itu adalah anggota bagian dari digital marketing. Tugasnya ngapain? Tugasnya riset konten, analisis konten, terus baru deh buat planning. Jadi, setiap kali aku internetan, ya pasti minimal semenit dua menit ngerjain konten plan. Minimal, monitoring kerjaan klien gitu hehehehe.

Kok bisa sih, Sep dapat klien terus?

Alhamdulillah, sejak resign dari ex kantor Semarang jadi makin banyak klien. Alhamdulillahnya lagi, sudah nggak perlu jemput bola. Maksudnnya, sekarang kliennya yang dateng ke aku, bukan aku yang nyari. Jackpot pokoknya. Dan ini bisa terjadi karena doa ibu. Lah, kok bisa? Iya, karena ibuku nggak ridho aku kerja di Jakarta (lagi dan lagi), makanya ibu mungkin doain aku biar tetap di Semarang dengan kerjaan apapun.

Emangnya kerja freelance tu gimana sih, Sep?

Kerja freelance itu kerja  lepas. Kerja yang nggak harus ngantor, tapi tetep harus selesaikan project dari klien sesuai brief. Emang bisa gitu kerja tanpa ketemu dan koordinasi langsung? Alhamdulillah selama ini kerja selalu bisa begitu. Dan inilah kelebihannya kerja di dunia digital, semuanya serba digital. Selama ada internet mah semuanya aman-aman aja hehehe.

Sudah berapa lama jadi freelancer, Sep?


Kalau dihitung total sih sudah lama sekali, ya. Sejak aku SMK, saat masih putih abu-abu. Iya, sekitaran 5 tahun yang lalu. Tetapi, saat itu masih nyambi statusnya alias double job, fulltime dan freelance. Kalau fulltime freelance-nya baru satu dua tahun belakangan ini, sih. Dan ini udah full freelance banget. Jadi, 24 jam-ku dedicated untuk laptop dan smartphone tersayang. Pantes aja jomblo yeu, kan? XD

Jadi ya kalau ditanya tentang internet sehat itu kayak gimana, ya aku bakalan jawab:

internet sehat itu, adalah internet yang bisa membuatmu jadi semakin tahu banyak hal
baik itu yang membuatmu jadi makin kaya ilmu, kaya uang, dan kaya akan informasi
sebab, internet itu sesuai yang pasif, yang mana kalau bukan aku yang mengendalikan diriku sendiri, ya aku sendiri yang akan terima akibatnya. Dan bilamana internet itu tidak kupergunakan dengan baik, aku yang akan kena imbasnya.

Ibaratnya, internet itu pisau dan semua orang bisa pakai pisau
Bedanya, yang satu buat motong bawang dan sayuran
yang satu buat bunuh orang
tergantung tangan masing-masing

Pokoknya, baik baik deh sama internet. Bersyukur banget bisa hidup di zaman digital kayak gini. Aku jadi bisa kemana-mana tanpa harus terikat dengan satu kantor dan bisa belajar  banyak study case yang bisa bikin aku semakin ciamik Insya Allah. Ciamik dengan karya yang semakin dikenal banyak orang. Karyanya mungkin nggak terlihat secara kasat mata, tetapi setidaknya orang tahu bahwa ada brand yang terbantu karena aku hihi.

Jadi inget sama mba Dewi Rieka dan mba Prananingrum yang udah hits banget sama karya-karya mereka hahha. Aku pengen kayak mereka gitu, yang satu punya buku Anak Kos Dodol yang hits banget. Akunya masih gini-gini aja. Padahal ya internet selalu on setiap waktu. Ahhhhh, semoga saja suatu saat aku bisa deh nerbitin buku sendiri hehehe.

8 komentar:

  1. Aku udah lama ga baca kata "bilamana" 😂😂

    Mbokya aku diajarin kak, biar jadi freelancer 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, dikomen sama suhu. Sungqeeeeemmm suhuuu

      Hapus
  2. aku sukak nih tulisanmu mbak...aku buta banget ttg digital strategist nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalau membantu kakak :D

      Hapus
  3. Salahsatu Angan2 yang belum terlaksana, bisa bebas dari kantor dengan my own planning,

    BalasHapus
    Balasan
    1. someday you have to try mas wawan! semangatttt

      Hapus

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^

Instagram (Follow @septsepptt)