Wajah Baru Bandara Ahmad Yani Semarang

"Horeeeee akhirnya bisa ke Bali dari Semarang, nggak perlu jauh-jauh ke kota lain buat bisa terbang ke Bali, yay!"


Tahu bandara Ahmad Yani Semarang punya wajah baru, aku kegirangan bak anak kecil yang dibelikan mainan lego oleh mamanya. Dan polosnya, aku seneng hanya karena akhirnya bisa ke Bali dari Semarang, kota kelahiranku tanpa harus jauh-jauh ke kota orang, seperti Solo, Surabaya atau Jakarta.



Yep, meski termasuk ibukota, Semarang punya bandara internasional yang tergolong sempit. Tapi, sejak 7 Juni 2018 lalu, bye-bye bandara lama dan selamat datang bandara Ahmad Yani yang baru. I'm so happy being a citizen of Semarang after all of this hahah nggak deng, sejak dulu bangga, kok. Cuma dulu masih gemas kenapa kalau ke Bali harus transit dulu. Kalau sekarang ihiiww bisa banget deh ke Bali lewat Semarang. Jadi hemat ongkos, hemat tenaga dan hemat waktu juga tentunya. Alhamdulillah, punya pemerintah yang keren dan mendengarkan rakyat sepertiku hahahaha.

Luas Bandara Ahmad Yani Baru 9 Kali Lebih Besar




U guys must amaze with this truth that luas bandara Ahmad Yani yang baru 9 kali lebih besar jika dibandingkan dengan bandara baru. Kebayang nggak sih betapa luasnya? Hihi. Bahkan dari gate tiket hingga ke lobi aja butuh sekian kilometer. Nggak mungkin jalan kaki pokoknya. Dulu mah kalau pas mau pulang dari bandara bisa jalan kaki ke gate depan karena nggak terlalu jauh. Nah, kalau sekarang siap pegel aja kalau mau ngelakuin hal yang sama hihi.

Bangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani memiliki luas 58.652 meter persegi, serta apron baru yang mampu menampung 12 pesawat. Selain itu, terminal ini dilengkapi dengan 30 konter check-in, 8 eskalator, 8 elevator, 2 travelator, serta 3 buah garbarata. Tersedia pula gedung parkir yang mampu menampung 1.200 kendaraan. 
(from press release Bandara Ahmad Yani Baru)

Bandara Ahmad Yani Menjadi Bandara Apung Pertama di Indonesia dengan Konsep Eco-Airport




Meski sempat mendapatkan cemoohan karena notabene-nya bandara lama Ahmad Yani adalah bandara internasional dengan fasilitas kurang memadai, kini tidak akan ada lagi komentar semacam itu. Pasalnya, bandara Ahmad Yani baru kini menjadi bandara apung pertama di Indonesia.

Desain terminal baru Bandara Ahmad Yani mengadopsi konsep eco-airport, di mana bandara direncanakan, dikembangkan, dan dioperasikan dengan tujuan menciptakan sarana dan prasarana perhubungan yang ramah lingkungan serta berkontribusi positif kepada lingkungan hidup.

Bangunan terminal sebagian besar berdiri di atas air dan dikelilingi kolam, mulai dari gedung terminal, gedung parkir, dan wetland park area. Hal ini dimaksudkan untuk mengakomodir konteks lahan yang sebelumnya merupakan lahan rawa. Pada area bandara juga ditanami 24 ribu bibit mangrove untuk medukung pelestarian lingkungan yang dapat menghadirkan banyak keistimewaan.

Bandara Ahmad Yani Didesain dengan Konsep Minimalis Modern


Tahu apa yang paling aku suka dari bandara baru Ahmad Yani Semarang? Ya enggaklah, ya lha wong aku belum bilang! Hahahaha. Ada yang aku suka banget dari bandara Semarang yang baru ini. Konsepnya itu modern, minimalis dan uuuuu bersih abiissssss. Dari gerbang masuk aja, udah gagah banget tampilan bandara Ahmad Yani yang baru. Dan pas masuk di hall awal, gedung minimalis udah berdiri kokoh dan konsepnya aduhai banget bikin betah foto-foto gitu deh.



Dan kecenya lagi, sedari gerbang masuk sampai di lobi tunggu tuh ya kecenya abis-abisan. Spot foto banyak! Ada banyak fasilitas yang di bandara lama nggak ada dan di bandara baru ada semua mua muanya!!!

Ada restoran yang terjajar rapi, ada eskalator untuk menuju ruang tunggu dan ruang check in, ada gazeboo yang cakepnya ampuuunn cakep gilak!! Ada musola, ada toilet yang bersih banget, ada playground anak-anak ada komputer untuk browsing sambil nungguin flight di bandara, bahkan nih ya ada garansi untuk bagasi yang rusak alias luggage claim uuuuuuuuuulala ini baru banget sik!


Pokoknya bisa dibilang membanggakan lah bandara Ahmad Yani Semarang yang baru ini. Dan gegara saking bagusnya, kuingin langsung beli tiket ke Bali tapi nggak punya duit wkwkkw. Kesel banget gasik pengen jalan tapi belum ada duit padahal bandara udah bagus. Waaaaaaa nabung nabung nabung biar bisa ke Bali segera ihiw!!!

Kalo kalian liat bandara baru juga pengen bali tiket dan pengen terbang segera gitu gasi? Apa aku doang yang norak? XD

18 komentar

  1. Kesel ya bacanya. ku ingin ke Bali tapi tak punya duit.. hhzzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ya gimana dong kenyataannya gitu :(

      Hapus
  2. kece banget sih Bandara yang baru semoga nanti segera bisa nyobain naik pesawat dari sana deh.

    BalasHapus
  3. wih keren, design bandaranya terlihat modern

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya keren banget. warga Semarang patut bangga hehe

      Hapus
  4. Yaa semoga dengan adanya bandara baru, bakal semakin banyak rute dari dan ke semarang. Bangunannya memang bagus sih, tapi kurang nJawani.
    *dasar netizen :D

    BalasHapus
  5. Waah keren banget sekarang bandara Ahmad Yani ya; sempat kaget juga sih kok nggak kedengaran berita pembangunannya, ujug-ujug sudah jadi dan keren pula :D

    Terakhir mendarat di bandara ini bulan Februari 2018 dan masih di tempat yang lama. KZL deh


    Salam,
    https://jelajahlangkah.com

    BalasHapus
  6. Klo bicara rute ke Bali, sbnrnya sdh lama lo, sdh 2 thnan itu, bhkn sdh sjk dari bandara lama, trmsk rute ke Lombok jg ada. Klo g salah, di bandara baru ini yg plg baru adl rute ke Cilacap.

    BalasHapus
  7. Aku juga pengen beli tiket buat jalan2. Tapi ga punya duit haha. Jangankan liat bandara baru, baca cerita orang2 aja jadi envy hehe,

    Semoga kebersihan dan bangunannya tetap terjaga yaa

    BalasHapus
  8. kemarin main ke sana juga karena penasaran...
    luas yah, dan lebih nyaman. sayangnya parkir buat motor jauh :(
    semoga ada jalur ke bandara tanpa harus berpanas-panas ria :D

    BalasHapus
  9. Wihiii duu, apikkk Banget. Aku belum sempat intip-intip bandara baru. 😄😄

    BalasHapus
  10. Setujuuuu... bandara A.Yani yang baru ini kece banget. Gedenya udah bikin kagum dari awal masuk. Ku maunya nggak cuma ke Bali sih mbak,pengennya ke kota-kota lain sekalian dari bandara A.Yani :D

    BalasHapus
  11. ulaalaa bandara terapung yang super kece, sayang banget kmrin ke Jakarta masih lewat bandara yg lama padahal cuma selisih beberapa hari sebelum diresmikan...

    BalasHapus
  12. Aku suka konsep bandara baru ini, bisa beli kopi sambil duduk syantik di dalam bandara. Semoga rute internationalnya di perbanyak..

    BalasHapus
  13. Kalau gak salah, sudah ada penerbangan nonstop SRG-DPS sejak bbrp tahun lalu, kbtln saya pernah nyobain. Ya mudah2an pilihan rute dan operator penerbangan juga makin beragam, jadi kita bisa milih jam dengan lebih fleksibel

    BalasHapus
  14. Haha aku nyobain landing pertama di sana. Dan girang banget

    BalasHapus
  15. Bandara Semarang yang baru bagus sih, tapi jadi lebih jauh ya..
    Trus belum bisa manggil angkot online pula, kukesal :|
    Eh tapi belum cobain si trans semarang sih, terakhir mudik kemarin sampai Semarang jam 8 malam. Udah ga ada trans nya

    BalasHapus

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^