Apa yang Menjadikan Alasan Domain Penting untuk Bisnis?

“IF YOU WANNA INFLUENCE PEOPLE, THEN BE SOMEONE INFLUENTIAL.”


Ada kalimat sederhana yang mematikku untuk bisa menjadi seseorang yang sekarang. Kalimat itu datang dari mulut seorang dosenku beberapa tahun silam ketika aku masih menjadi mahasiswa baru.

Kalimat itu adalah, “kalau kamu mau menginfluence orang atau membawa perubahan untuk dunia, maka jadilah seseorang yang berpengaruh.“ Beraaaattt sungguhhh :))

Butuh waktu yang cukup lama untuk mengerti dan memahami kalimat ini sampai pada akhirnya muncul pemikiran “oooiya juga, ya. gimana caranya orang percaya sama kita kalau kitanya nggak punya kredibilitas atau reputasi yang keren untuk dipamerkan.”

Pada dasarnya kepercayaan seseorang atas diri kita itu dibangun. Oleh siapa? Tak lain dan tak bukan adalah oleh diri kita sendiri. Bagaimana mungkin seseorang bisa mempercayai kita dan apa yang ada pada diri kita kalau diri kita tidak memiliki “sesuatu” yang cukup untuk dipercaya?

Karena “katanya….” “kata dia…..” “kata mereka….” atau “kata orang-orang…” tidak akan pernah cukup untuk membuat orang lain memiliki penilaian yang valid atas diri kita. Dan tentunya, diri kita sendirilah yang bisa membangun sebenar-benarnya reputasi akan diri kita.


Ya kalau mau dikenal jadi penulis, ya nulislah, Kalau mau dikenal jadi desainer, ya upload lah karya desainnya ke social media. Kalau mau dikenal sebagai MC, ya banyakin lah portfolio tentang event yang sudah pernah dibawain. Biar apa? Ya biar orang tu ngeuh kita ini siapa sih? Orang perlu tahu kita sebagai apa, sih?


Kalo aku sendiri memang membranding diriku sebagai blogger. Jadi, di social media aku mencantumkan profilku sebagai seorang blogger. Biar semakin mantap, akun social media lain, seperti LinkedIn yang lebih professional juga kuberikan alamat domain blogku supaya orang ngeuh bahwa aku ini blogger dan memang memiliki blog. Alias nggak ngaku-ngaku jadi blogger aja gitu hehehe..

Nah, selain menjadi blogger, kebetulan aku juga beberapa kali mencoba untuk membuat usaha dengan teman dekatku. Sayangnya, nggak berjalan dengan mulus. Sebab utama yang menjadi hambatan kukira adalah karena waktu itu aku masih anak berseragam putih abu-abu. Tapi ternyata aku salah. Aku masih belum ngerti gimana caranya dunia bisnis jalan dan bisa merambah ke pasar online pada waktu itu.

Pasalnya, kalau ngomongin soal bisnis, nggak jauh-jauh sama yang namanya membangun reputasi agar bisa terlihat sempurna di mata calon konsumen. Ini nih yang aku nggak paham sedari dulu dan baru aware dalam beberapa waktu dekat ini. Jadi, dulu pernah belajar bikin bisnis sama temen dan berjalan cukup lancar dengan metode promosi offline. Tapiiii begitu dijalankan secara online, dyaaarrrrr mati dooong hahahaha. Kayak nggak ada gitu yang percaya kalau kami ini beneran bisnis karena notabene-nya waktu itu kami masih siswa berseragam putih abu-abu yang baru lulus dan baru menyandang status mahasiswa.

Lucu sih kalau inget, tapi sedih juga. Tapi yang jelas setelah mengalami kejadian tersebut, aku dan teman-teman jadi tahu betapa pentingnya memiliki reputasi yang baik jika ingin lancar dalam berbisnis. Apalagi kalau mau mainan di pasar online yang jangkauannya lebih luas. Ya kudu melek teknologi dan melek digital marketing starter pack.

Dalam dunia digital marketing yang mana saat ini semuanya sudah terintegrasi secara online, ada step by step yang harus dipenuhi agar bisa bersaing di ranah online. Hmmmmmmm, berat amat yak topiknya. But, here we go! Kita anak muda nggak boleh gaptek sama beginian. Soalnya bisnis sekarang sifatnya meluas dan harus dijangkau dengan ranah online kalau mau mengembangkan bisnis sampai ke seluruh pelosok nusantara bahkan sampai ke luar negeri.

Memang Apa Sih yang Harus Dipersiapkan?


Selain menyiapkan strategi di awal sebelum mulai dan produk yang ingin, tentu hal lain yang perlu dipersiapkan adalah dengan membangun "rumah online" berupa website sebagai tempat para calon konsumen untuk kepoin apa sih sebenarnya bisnis yang kita bangun.

Nah, kalau rumahnya sudah jadi dan sudah siap, tentu kita butuh alamat untuk mengarahkan calon konsumen biar nggak salah alamat kayak Ayu Ting-Ting, kan? Dimanaaa dimanaa dimanaaa eyaaa malah nyanyi wkwk.

Oke, back to the topic. Alamat ini penting supaya orang yang butuh produk kita bisa langsung cus menuju ke alamat kita dan langsung tepat sasaran sampai di rumah kita, melihat produk kita, hingga akhirnya melakukan transaksi. Kalau sudah transaksi? Ya terjadilah konversi. Ada uang masuk. Semakin banyak yang tahu alamat kita, semakin besar pula potensi kita untuk menggaet pelanggan, bukan?

Nah, rumah dan alamat ini dalam dunia digital marketing disebut dengan domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting? Analogi sederhana domain dan hosting kira-kira seperti ini:


Ketika kita memiliki rumah, tentu itu berbentuk sebuah bangunan, bukan? Nah, ini yang disebut dengan hosting. Sedangkan alamat yang menandakan identitas rumah kita di jalan blablabla itu disebut dengan domain. Jadi, kebayang kan betapa pentingnya memiliki domain dan hosting untuk mengarahkan calon kustomer kita agar tidak tersesat di jalan? :)

Lalu, setelah paham dengan konsep domain dan hosting, pahami pula syarat-syarat penting agar domain yang kita siapkan bisa tepat sasaran.

Syarat Penting Supaya Alamat Domain Kita Tepat Sasaran


Domain ini harus kalian siapin sendiri. Alamat yang harus mudah diingat, harus unik dan tentunya harus berbeda dari yang lain karena nantinya domain ini harus bisa membuat calon customer kalian hapal betul di luar kepala. Sehingga, ketika mereka butuh produk kita, mereka akan langsung ingat kita, menuju ke alamat rumah kita dan melihat secara langsung produk-produk kita.

Daaaannnnn jangan lupaaa!! Kalau lagi mikirim alamat domain, buat yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, ya! Kenapa? Kalau kepanjangan orang susah hapalinnya, kalau kependekan nanti orang nggah ngeuh juga :)

Jangan Lupa, Kalau Sudah Yakin, Beli Domainnya di Rumah Web!

Untuk pebisnis yang nggak mau repot, pasti mereka bakalan males untuk bikin website dan menyiapkan domain. Padahal, untuk bisa punya domain, nggak perlu repot-repot karena sekarang kita cukup beli di Rumah Web. Kenapa harus Rumah Web? Karena Rumah Web memiliki domain murah yang tidak mempersulit kita untuk membeli domain dan memperpanjang domain tahunan.

Kita bisa cek availibility domain, lalu kalau statusnya available, tinggal beli, deh. Nah, kalau sudah domain terbeli, tinggal dipasang deh di "rumah" kita, yakni website yang telah kita siapkan sebelumnya.

Eh eh, masa iya segampang itu? Laaahhh memang gampang tjuy :)

Mau tahu step by stepnya? Sini sini aku jelasin biar makin mantep, ya!


Pertama, buka dulu alamat websitenya Rumah Web di https://www.rumahweb.com/. Lalu, masukan domain incaran kita ke text box yang telah disiapak oleh Rumah Web.


Lalu, nanti kita akan dirahkan ke halaman yang menampilkan availability daftar domain murah incaran kita. Nah, kalau domain kita tersedia nih, teman-teman bisa langsung memilih ekstensi domain yang kita incar atau memilih ekstensi domain murah yang disarankan oleh Rumah Web.




Setelah memilih domain mana yang akan kita beli, nanti Rumah Web akan memberikan penawaran pada kita berupa privacy protection. Apa itu? Sederhananya, saat kita membeli domain, informasi kita akan tercatat dan bisa dilihat oleh orang lain bahwa pemilik domainnya adalah kita. Nah, dengan menambahkan fitur ini, kita bisa melindungi privasi kita dari orang lain.


Kalau sudah, masuk ke lngkah kedua, yakni memilih paket pembelian. Kita mau beli domain saja atau sekalian hosting? Tadi sudah dijelaskan ya apa bedanya domain dan hosting :) Jadi, sebelum membeli pastikan kita paham terlebih dahulu, ya! Dan enaknya kalau beli di Rumah Web paket domain dan hosting, kalian bisa mendapatkan DISKON 40%! WOW, kan? :)


Langkah ketiga, kamu akan ditawari fitur Flockmail. Apa itu FlockMail? FlockMail adalah fitur yang bisa kita gunakan untuk professional dengan mencantumkan nama kita di email dengan ekstensi domain kita. Misalnya admin@dwiseptianingsih.com atau cs@dwiseptianingsih.com. Fitur ini tentu memudahkan kita jika ingin fokus membangun bisnis. Konsumen tentu akan sangat senang karena fitur ini memudahkan pemisahan pesanan dan pusat informasi toko.


Jika sudah yakin dengan pilihan, isi informasi akun dan billing. Kita bisa mendaftar terlebih dahulu atau langsung login jika sudah terdaftar sebagai member.


Langkah terakhir adalah mereview kerangjang belanjaan untuk melihat total harga dan bayar, deh! Selesai! :)


Tunggu konfirmasinya melalui email, dan domain siap untuk digunakan. Beres, deh! :)

Jadi gimana, sudah siap untuk mulai berbisnis dan membangun company branding dari awal? Jangan lupa siapkan diri untuk persaingan online yang lebih ketat dengan memiliki domain dari Rumah Web, ya!!

Salam,

Tidak ada komentar

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^