Didi Kempot Gemparkan 5 Lagu Campursari Tergalau versi Generasi Milenial

Aku nggak asing sama nama Didi Kempot. Pasalnya, sejak masih bocah, Ibuku suka menyetel lagu-lagu “Father of Broken Heart” versi generasi milennial ini di rumah. Jadilah nggak cuma satu dua saja yang kuhapal. Beberapa lagunya pun terngiang di telinga dan bisa membuatku ikut berdendang ketika sedang ada yang memutar lagunya.



Lirik berbahasa Jawa dan penuh makna adalah ciri khas dari lagu-lagu Didi Kempot. Karya lamanya ini pun kini melonjak kembali dan mencuri perhatian generasi milenial. Tak heran, nama Didi Kempot mulai muncul di baliho dan desain konser terkini untuk kembali menggoyang barisan patah hati versi kawula muda.

Menariknya, lagu-lagu Didi kempot ini terinspirasi dari kisah nyata yang Ia buat menjadi lagu. Wow, keren, ya! Berikut 5 lagu campursari tergalau versi Didi Kempot beserta makna di baliknya.

Stasiun Balapan

Seperti pada lirik lagunya, "Rasane koyo wong kelangan, kowe ninggal aku, ra kroso netes eluh ning pipiku." Kalau diartikan ke Bahasa Indonesia "Rasanya seperti kehilangan, kau tinggalkan aku, tak terasa air mata menetes di pipiku." Lagu ini bercerita tentang pasangan yang kisah cinta pertama dan terakhirnya letaknya di Stasiun Solo Balapan, di kota Surakarta.

Mungkin lagu ini satu di antara lagu Didi Kempot yang paling terkenal, walaupun lagu ini terdengar asyik kalau didengar berkat perpaduan campursari yang apik, namun lirik lagu ini ternyata maknanya yang cukup mendalam dan sedih.

Lingsir Wengi

Lagu Lingsir Wengi yang identik dengan hal mistis ini ternyata punya cerita tentang kerinduan seseorang di tengah malam. Lirik lagunya, "Sepi durung biso nendro, Kagodho mring wewayang kang ngeridu ati." Kalau diartikan ke Bahasa Indonesia, "Sepi tidak bisa tidur, Tergoda bayanganmu di dalam hatiku." Waduh, siapa tuh yang di rinduin pakdhe Didi Kempot?

Lagu yang diarasemen Didi Kempot dengan nuansa campursari ini ternyata merupakan syair dari Sunan Kalijaga, lagu ini dibuat untuk menjauhkan bala. Jadi, jangan salah sangka apalagi takut karena rumor lagu ini dapat memanggil hantu.


Cidro

Kalau dari lagu Cidro satu ini, artinya memang dalem banget dan bikin baper nggak karuan. Pasalnya, cidro ini mengingatkan kamu sama mantan. Lebih tepatnya kalau kamu memiliki janji tak terbalaskan dengan mantan terindah. Lirik lagunya, "Remuk ati iki yen eling janjine, Ora ngiro jebul lamis wae."  Diartikan dalam Bahasa Indonesia jadi, "Hancur hati ini jika ingat janjinya, Tak terkira ternyata hanya dusta." Mencari jodoh memang susah, apalagi kalau pernah dikhianati orang yang disayang.

Sekonyong Konyong Koder

Pernah mengalami momen tentang cinta lokasi ataupun cinta mendadak? Sepertinya harus coba mendengar Sekonyong Konyong Koder, nih! Begini bunyi lirik lagunya, "Modal bensin sakliter montorku tak setater, Tak ampiri arep tak ajak muter-muter" artinya "Modal bensin satu liter saja ku stater, buat nyamperin kamu dan kuajak berkeliling."

Namun, kesan menyayat hati sangat terasa kalau mendengar lirik berikutnya,"Tiwas aku dandan mlipit, Rambutku tak ulet ngangge pomit, Malah kore lungo plencing, Ora pamit mit mit miiit (Koyo demit)" artinya "Aku sudah dandan klimis, Rambut sudah kuusap minyak pomade, Eh kamu malah pergi begitu saja. Nggak pamit mit mit miiit (Kayak hantu)".

Sewu Kutho

Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang mencari belahan jiwanya yang tak pernah memberikan kabar padanya, orang yang diceritakan di lagu ini mencari belahan jiwanya selama bertahun-tahun tak pernah bertemu.

"Sewo kutho uwis tak liwati, Sewu ati tak takoni, Nanging kabeh, Podo ra ngerteni/ Lungamu neng endi, Pirang tahun anggonku nggoleki, seprene durung biso nemoni." artinya "Seribu kota sudah kulalui, seribu hati kutanya, namun semua juga tidak tahu, kau pergi kemana, berapa tahun diriku mencari."



Lagu ini juga sempat dinyanyikan orang yang membantu dirinya untuk rekaman, yaitu Arie Wibowo. 
Faktanya, lagu ini sudah didengar lebih dari satu juta kali di platform streaming musik. Tak heran, kalau ada orang yang mengatakan "Walaupun air mata mengalir, namun badan tak berhenti bergoyang."

Pantas saja ya kalau pakdhe Didi Kempot kemudian didapuk menjadi brand ambyarssador terbarunya Shopee. Didi Kempot jadi wajah untuk kampanye diskon Shopee 2.2 Men Sale yang berlangsung selama bulan Januari sampai Februari 2020. Selain menawarkan promo diskon hingga 50% dan juga tentunya yang tak pernah ketinggalan, gratis ongkir, ada pula promo spesial produk-produk pria pilihannya seperti Shopee Super Brand Day, Fashion Pria Day, Pulsa, Tagihan & Tiket Day, dan masih banyak lagi.

So, dari kelima lagu tersebut, lagu mana yang sudah kamu dengar dan jadi favoritmu?

Tidak ada komentar

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^