Selain Kamera, 7 Peralatan Ini Juga Wajib Dimiliki Fotografer Profesional!


sumber:wix.com

Sekarang ini, semua orang sepertinya dapat menjadi seorang fotografer. Bagaimana tidak? Kamera smartphone kini dirancang sedemikian rupa layaknya kamera DSLR dengan berbagai fitur menarik yang bisa menghasilkan foto keren. Meski begitu, gak semua orang yang memiliki kamera dan bisa menghasilkan foto menarik dapat menjadi seorang fotografer profesional. Sebab untuk menjadi fotografer profesional dibutuhkan sebuah fleksibilitas tinggi serta komitmen yang sangat kuat. 

Berbeda dengan orang yang hanya hobi fotografer saja, fotografer profesional diharuskan bisa memenuhi keinginan para kliennya. Maka dari itu, selain kamera, untuk menjadi seorang fotografer profesional juga butuh beberapa peralatan fotografi, seperti 7 peralatan berikut ini.

Lensa Bervariasi

sumber: rawpixel.com
Meski kamera DSLR sudah terdapat sebuah lensa bawaan, akan tetapi fotografer profesional juga perlu memiliki beragam lensa seperti lensa tele, wide angle, lensa, lensa standar 50mm hingga lensa fix yang memiliki ketajaman bagus. Mempunyai beragam lensa bakal membantu sekali dalam melakukan kegiatan fotografi, dan pastinya akan mendapatkan hasil foto yang sangat menarik lagi.

Filter Lensa

sumber: pinterest.ru

Terdapat beberapa jenis filter lensa yang kerap digunakan oleh fotografer profesional, mulai dari filter ND dan filter CPL yang mampu membuat gambar jadi tampak lebih detail. Semua filter lensa tentunya memiliki kegunaanya masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Pastikan kamu juga memiliki filter-filter lensa tersebut buat memperindah hasil jepretan foto kamu.

Tripod

sumber: listfolks.com

Kamu bakal membutuhkan alat fotografi tripod ini saat akan memotret di dalam ruangan atau di luar ruangan. Alat fotografi satu ini bakal membuat kamera tetap berada di tempatnya dengan maksimal. Berbeda saat sang fotografer memegang kamera secara langsung dengan tangannya, sudut dalam pengambilan gambarnya pun bakal berubah-ubah. Dengan memakai tripod untuk kebutuhan fotografi, maka kamu tidak perlu banyak mengecek posisi kamera ketika akan memotret.

Background

sumber: ebay.com
Background ini berguna banget bagi para fotografer profesional, karena dengan hadirnya background mereka tidak perlu memotret diluar ruangan. Dengan background, mereka bisa mendapatkan sebuah latar belakang yang sesuai dengan tema yang diusung. Umumnya, fotografer profesional lebih memilih background dengan warna polos supaya proses pengeditan gambarnya jadi lebih mudah.

Lampu Tambahan

sumber: pinterest.com

Saat akan memotret di dalam studio, kehadiran lampu tambahan ini penting banget bagi para fotografer profesional. Lampu tambahan yang dimaksud bukan sekedar seperti flash eksternal yang bisa dicopot pasang di kamera. Namun, lampu strobo yang memiliki cover putih. Konsistensi cahaya yang didapatkannya sangat stabil, dan dapat dipasang di sudut tertentu sesuai dengan keinginan atau kebutuhan sang fotografer.

Drone

sumber: pinterest.com

Sekarang ini, fotografi udara telah menjadi tren. Seorang fotografer profesional tentunya bakal butuh alat fotografi udara yang memakai drone. Keberadaan drone juga bakal membuat kamu lebih bebas dalam mencari objek atau sudut yang gak biasa, dan pastinya bikin kamu tampil profesional.

Laptop Berspesifikasi Tinggi

sumber: wix.com

Selain alat fotografi di atas, fotografer profesional juga membutuhkan laptop untuk kebutuhan mengeditnya. Laptop yang dibutuhkan pun bukan laptop biasa. Namun, laptop yang memiliki spesifikasi tinggi. Misalnya profesor dengan kecepatan 2,4 Ghz, kartu grafis yang setara dengan Nvidia GeForce, dan RAM minimal sebesar 4GB. Jika spesifikasi laptop kamu memenuhi, tapi RAM yang dimilikinya masih belum cukup, mungkin kamu bisa membeli RAM laptop yang sebesar 8GB. Untuk harga RAM laptop sebesar 8GB sendiri kisaran Rp 800 ribuan, semua tergantung dengan merk RAM yang dipilih. Laptop dengan spesifikasi tinggi tentunya bisa menampung banyak hasil foto dan juga software untuk mengedit foto.

Itu dia tujuh peralatan fotografi yang juga harus dimiliki bagi kamu yang ingin menjadi seorang fotografer profesional. Alat fotografi mana yang belum kamu miliki nih, geng?

Tidak ada komentar

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^