Ini Dia Cara Daftar Kartu Anggota di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah!

Ini Dia Cara Daftar Kartu Anggota di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah! -Dulu, waktu zaman masih SMP dan STM rajin banget main ke perpus buat sekadar baca buku dan keren-kerenan. Karna kalau ke gramedia nggak beli rasanya aneh, jadinya main ke perpustakaan Jawa Tengah biar kelihatan keren wkwk apolah septi ini.

Terakhir rajin ke perpus dulu sekitar tahun 2018 waktu masih ngurusin skripsi buat syarat wisuda. Sudah menikah dan ada temennya, nggak kayak dulu sendirian kayak orang hilang wkwk. Dan baru-baru ini ke perpusda lagi buat ngerjain dan ngadem. Biasanya ke kafe, tapi karna ini kebetulan Ramadan jadi nyari yang nggak perlu syarat beli minum buat bisa duduk. 

Awalnya kagok banget setelah sekian lama nggak main karena faktor pandemi juga, pas masuk perpus dicegat sama petugas dan katanya harus daftar online dulu. Cemanaaa kan nggak tahu, ya hahaha. Ternyata gampang banget kok daftarnya. 


  1. Daftar kunjungan online dulu di https://bukutamu.perpus.jatengprov.go.id/ lalu isi data-data di sana
  2. Kalau sebelumnya sudah daftar online, aman langsung masuk aja

Kalau belum daftar dan udah terlanjur dateng, nanti akan diminta untuk isi data terlebih dahulu di buku tamu yang ada di depan pintu masuk dan baru boleh masuk, deh. Tapi, kalau nggak mau ribet, mendingan bikin kartu anggota aja. GRATIS 100%, kok! Caranya juga gampang banget!

  1. Di bagian sebelah kanan lobi ada komputer berjejer dan lakukan registrasi di komputer tersebut.
  2. Setelah data masuk, langsung isikan data sesuai identitas lalu lanjutkan registrasi.
  3. Tunggu namamu dipanggil sama petugas
  4. Masuk ke bilik foto dan kamu akan melakukan pas foto untuk kartu keanggotaan. (Lepas masker dan lepas kacamata jadi pastikan udah cakep duluan dari rumah, ya wkwk)
  5. Tunggu beberapa menit dan voilaaaa kartu anggota perpusda jateng sudah jadi, deh.

Dulu aku sudah punya sih, tapi ternyata hilang dan mending bikin lagi aja wkwkw

Di antara tempat lain yang jadi fasilitas pemerintahan, perpusda ini jadi salah satu favoritku karena ya bisa baca apapun dan 100% GRATIS. Dulu pun masih bisa konek ke wifinya secara gratis, sayangnya sekarang ada passwordnya dan aku nggak tahu apa passwordnya hehehe. Jadi tiap ke sini buka laptop ya tetheringan sendiri. Nggak apa-apa sih. Cuma akan lebih nyaman dan betah kalau ada akses wifi gratis.

Ngelunjak banget nggak, sih? Hahahaha


Aku biasanya ke perpusda jateng langsung ke lantai 2 ke bagian dewasa, sih. Nggak tengok-tengok karena nggak ngerti juga hehe. Jadi ya tiap dateng udah tinggal baca aja. Kalo pas bawa laptop ya tinggal buka laptop aja gitu nggak sampe nyari-nyari yang lain.

Kalau laptopan di sini tuh enak, udah ada stop kontak untuk nge-charge laptop atau handphone. Ada kursi dan meja buat duduk dan nyaman baca berlama-lama. Ada tempat buat fotokopi kalau misalkan kamu nemu materi bagus dan memang mau baca. AC-nya juga dingin, anti panas banget lah pokoknya. Kalau bingung mau cari buku apa juga ada komputer direktori yang bisa bantu kamu cari buku yang kamu pengen baca dan temukan.

Di sini ada banyak bilik, kaya bilik karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, bahasa, ilmu murni, dll. Jadi bisa banyak referensi buku dan cocok untuk orang-orang kek septi yang pelit soal beli beli hehehe. Tapi kalau beli buku penting loh ya, cuma kalau kebanyakan dan nggak dibaca kan sayang jadinya ke perpus aja nambahin buat literasi ya kaaan. Ngeles mulu ah, sept 😂😂

Tidak ada komentar

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^