Apa Saja Sih Aplikasi Andalanku Tiap Kali Ngeblog? Yuk, Baca!

Ngeblog bagiku bukan cuma sekadar hobi, ngeblog - alias nulis adalah kebutuhan yang kalau nggak aku lakuin bisa bikin hidupku rasanya kurang. Bak sayur tanpa garam gitu, deh. Candu banget pokoknya. Dan emang wajib banget rasanya cerita apapun di blog setiap kali pulang dari melakukan perjalanan, entah dari luar kota atau cuma muter-muter di kota aja.

Ngeblog itu kayak stress healing buatku. Bisa banget bikin pikiran yang lagi penat jadi kembali sehat seperti semula. Ngeblog itu semacam stimulan yang bisa membuat bahagia karena jari jemari bisa bebas merangkai kata. Ngeblog itu, aduh nggak bisa jelasin lagi deh gimana aku cinta banget sama profesi ngeblog yang mana juga bisa bikin aku jadi content writer kayak sekarang. Intinya, aku bersyukuuur banget bisa kayak sekarang karena ngeblog.

Tapi kalian tahu nggak sih guys kalau ngeblog itu bukan sekadar nulis belaka? Yes, ngeblog itu sepaket seninya - seni nulis ada, seni desain ada, seni foto ada, seni ngapain aja ada. Maksudnya gini, kalau misalkan mau ngeblog, ya harus mau nulis, ya harus mau sisipin desain kece, ya mau sisipin foto ciamik atau video yang menarik, dan tentu saja mau bikin blog jadi nggak ngebosenin buat ngejaga mood orang yang baca blog kita.

Karena tujuan utama ngeblog bukan hanya sekadar share pengalaman aja, tetapi adalah untuk membuat orang lain tahu sesuatu yang belum dia tahu sebelumnya. Atau tahu sesuatu yang memang sudah dia tahu, namun dari perspektif lain. Terkesan sederhana, tetapi ternyata rumit, ya? Hahahaha

Buatku, ngeblog itu bukan sekadar bikin judul, nulis konten, udahan. Ngeblog itu bisa jadi cara buat aku ngembangin kreativitas. Dari yang nggak bisa desain jadi belajar nge-desain. Nggak kok, nggak seciamik desainer ternama. Tetapi, dengan ngeblog, aku jadi cari-cari tutorial yang bisa ngebantu aku untuk desain atau sekadar edit foto simpel pakai aplikasi. Hehe

Duh, bosan, ya bacanya? Yaudah deh, kuy aku kasih tau tools yang biasa aku pakai untuk ngeblog. Jangan dicela lho, ya. Aku kan newbie, masih baru dan masih banyak belajar. Dan aplikasi berikut ini yang bantu proses belajar aku sampai bisa jadi seperti sekarang ini.

Adobe Photoshop



Siapa sih yang nggak tahu aplikasi sejuta umat ini? Hahaha. Bagiku, Photoshop itu semacam dark chocolate kalau lagi ngopi. Pemanis yang bisa bikin nikmatnya kopi jadi makin sempurna kalau ditambahi sama dia. Manis manis sedep gitu, deh. Hahahaha

Biarpun bukan desainer, aku selalu berusaha untuk gimana caranya foto blogku nggakk buruk-buruk amat lah buat di pajang di blogku yang apa adanya ini. Minimal, biarpun nggak ada yang muji "eh, fotonya bagus lho, sep." Setidaknya untuk aku sendiri, ada yang bikin seger diantara rangkaian kata dalam blog aku hihihi.

VSCO Cam n Snapseed




Foto ituuuuuuu kurang mantap kalo nggak dipoles. Apalagi aku cuma motret pakai smartphone. Yaaa meski sometimes pakai kamera juga, sih. Tapi, tetep aja butuh banget untuk cantikin dikit. Dinaikin brightness-nya, di set kontrassnya, dinaikturunin temperaturnya atau diatur clarity-nya. Dan tentu saja, edit-nya pakai hati. Jangan diartikan secara harfiah,ya. Edit pakai hati tu maksudnya gini, ngeditnya pakai rasa, nggak cuma milih efek doang, terus udah nggak diatur lagi angkanya.

Kalau aku biasanyaa memang mainannya di komposisi foto dulu sebelum editing, baru deh setelah presisi, aku mulai pilih efek yang paling sesuai dan tone yang paling 'pas' versi aku. Setelah sekiranya pengaturan sudah terlihat manis, udah deh, di simpan di galeri dan baru di upload di blog. Nggak deng, kadang di IG duluan baru di blog hahahaha.



Aku lebih sering ngedit di VSCO Cam, sih. Kadang-kadang doang ngedit di Snapseed. Dunno why lebih suka VSCO aja. Tapi, kalau mau yang manual banget, pake Snapseed asik, lho. Lengkap banget fiturnya bisa buat ngedit-ngedit sesuai selera yang diinginkan.

Google Keep


Sudah pada tahu tentang Google Keep? Atau mungkin malah masih asing? Jadi, si Google Keep ini adalah aplikasi dari Google yang fungsinya seperti notes online gitu. Karena aku nggak terlalu suka ngeblog langsung lewat Blogger mobile setiap lagi nggak buka laptop, aku ngandelin aplikasi ini. Ide-ide yang muncul, quotes atau kerangka sederhana yang muncul di kepala, yang kepikiran sedemikian rupa, bakalan aku catet, bakalan aku simpan di notesnya Google Keep.

Biasanya aku bakalan bikin semacam kalimat atau paragraf singkat di Google Keep untuk memastikan bahwa apa yang ada di otak ada yang nyimpen alias nggak terbang gitu aja. Meskipun nggak jarang banyak yang kelewat juga, sih. But, so far tetap aja aplikasi ini membantu aku terutama pas laagi plesir. Maklum, anaknya suka sekali main.

Google Drive


Kalau aplikasi yang satu ini bukan cuma bantuin di urusan ngeblog doang, sih. Google Drive itu semacam cinta pertama yang nggak bisa bikin muvon. Mau nyimpen tulisan atau gambar atau video, aplikasi ini benar-benar bisa diandalkan. Aku biasanya selalu ssave foto-foto sebelum di edit di drive untuk memudahkan teman-teman yang hobi japri via private message untuk nanya "sep, boleh minta foto?" atau, "sep, bagi foto dong...."

Kalau udah upload di drive, semuanya beres deh udah hahahaha. Semua bisa akses, semua bisa edit, dan semua pasti hepi hahahaha. Kalau udah upload di drive mah aman ~ ada yang minta tinggal di kasih link share-nya aja. Nggak perlu kirim satu-satu ke private message kan, jadinya? Dan pula, resolusi tetap terjaga karena tetap hires. Hahahaha

Wunderlist




Suka lupa lupa inget sama deadline nulis, nggak? Suka? Sama! Hahahaha... Lupa tanggal itu emang penyakit paling ngeselin buat yang suka numpukin deadline. Nah, ternyata untuk mengatasi itu ada banget solusinya, lho hahahaha. Ada banget nget nget aplikasi yang bisa ngingetin kita untuk selalu ingat akan deadline tulisan blog kayak tulisanku yang ini, nih.

Jadi ceritanya, tulisan ini adalah tulisan atas dasar cinta ke mba Rahma dan mba Nyi Penengah Dewanti yang pengen banget semua bloger sharing tentang tools yang mereka pakai saat ini untuk menunjang aktivitas blog mereka. Makasih ya mbaaaa sudah membuatku yang malas menulis ini jadi dapat ide mau ngisi apa blogku yang jarang update ini hihihi.

Kalau kalian, biasanya ngeblog pakai tools apa, guys? Share di komen, yah ~

Salam,

12 komentar

  1. Memang aplikasi diatas tidak bisa lepas dari yang namanya kedihupan sekarang apalagi buat blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget hahaha harus selalu siap mempercantik konten denagn dukungan grafis

      Hapus
  2. Wah.. terimakasih ya septi. Kiriman cintanya uda diterima. Uda ramein arisannya jg. Dari aplikasi2 diatas aku kok asing semua yaaa. Hahahaha *ngaku aja gaptek*. Kapan2 kl mitap mo minta ajar septi aaaaah.... hihihi. Sukses terus y ngeblognya. Kmren uda hbs dpt hadiah kece kan ya? Selamat y shaayyyyy....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi cobain dong mba, biar tau rasanya *iniapasih wkwkwkw
      waduh minta ajar apa mba, saya masih newbie hihihi

      Hapus
  3. Kalau saya biasanya cuma pake photoshop sama Ms. Word aja tuh tools buat nge-blog, selebihnya aku jarang atau bahkan sama sekali gak pernah pakai toolsnya, hehe..

    Salam kenal ya mbak Dwi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kak Rizqi,

      Hihi wajib banget yah kayaknya kalo Potoshop, soalnya kita butuh image untuk d blog.

      Salam kenal juga, kak ^^

      Hapus
  4. Selama ini susah banget ngejar deadline.Kalo cuman satu sih no worry, tapi kalo lagi numpuk,suka bingung sendiri.Wunderlist ya? Otw download dulu, hehe
    Thanks infonya buat wunderlist

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah tos dong kalo kayak gitu, mas

      Iya, Wunderlist cukup membantu mengingatkan. Atau bisa Trello dan To-Do-Ist. Banyak kok mas :))

      Hapus
  5. Aplikasi terakhir menarik untuk dipake. Makasih yaaa

    BalasHapus
  6. Snapseed masih sering aku pake sih :D
    Cuma kalau pas lewat pc lebih ke photoscapenya.. Hehehe
    Salam kenal ya mbak, btw postinganya menambah wawasan, itu tool tool di google ane malah baru ngerti. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku lebih suka pake photoshop mas hahaha lebih lengkap.

      Iya, google itu savior karna lengkap banget fiturnya ehehe

      Hapus

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^