Life As A Content Creator: Nggak Cuma Harus Bisa Nulis, Tapi Harus Bisa Lebih dari Itu



Flashback
Jakarta, 2015

Aku menantang diriku sendiri untuk bisa menjadi bagian dari salah satu digital creative agency yang pernah mendapatkan best agency of the year di Jakarta. Alasannya sederhana, aku ingin mematahkan stereotipe bahwa anak SMK itu nggak akan bisa kerja kantoran di Jakarta karena background pendidikan yang cuma sampai pada sekolah menengah alias bukan sarjana. Iya, aku cuman lulusan SMK komputer yang bahkan nggak paham kalau disuruh ngulangin pelajaran itu lagi HAHAHA emang dasar gadungan ya aku ini :D

Aku yang keras kepala dan nggak suka diremehkan lantas menantang diriku sendiri untuk bisa ke Jakarta dengan uang pas-pasan dan bekal seadanya. Numpang nginep di kosan teman sampai kecopetan HP pun pernah aku alami hanya demi bisa membuktikan bahwa Jakarta tidak sekeras itu untuk anak sekolah menengah sepertiku.

But, hey! Jakarta keras bung.
Hari dimana aku interview dan kehilangan handphone-ku, aku bertemu dengan salah seorang pelamar yang dari perawakannya sudah jauh lebih dewasa dariku. Waktu itu aku masih berusia 20 tahun. Waks! Masih sangat muda ya ternyata.. Sekarang juga masih muda, kok! Muehehehe :))

Back to the topic
Aku masih ingat betul ketika mas-mas pelamar (sebut saja begitu) ngobrol denganku, kira-kira seperti ini:

"dari mana, Mba?""saya dari Semarang, mas.""wah, jauh sekali ya Semarang. Lulusan kampus UND**, ya?""Oh, enggak kok, mas. Saya cuma lulusan SMK.""Hah, jauh-jauh dari Semarang dan cuma lulusan SMK? Memang bisa ya mba masuk kantor sini?" "Hahahaha, bismillah aja, mas. Emang masnya lulusan mana?""Oh, saya baru S2 di ....... dan sudah berpengalaman sebagai content writer selama 7 tahun di perusahaan X.""Waaa hebat. Keren dong, ya. Punya blog?""Ada, dong di www.xxxx.blogspot.com""Woh, masih blogspot ya, mas?""Emang mba ngerti blog? Punya emang?""Ada, mas di www.dwiseptia.com :)"
Daebak! Aku minder bukan main ketika diajak ngobrol. Tapi di sisi lain, aku semakin tertantang untuk menunjukkan kepada semesta bahwa aku nggak harus jadi sarjana dulu untuk bisa dapat kesempatan bergabung ke perusahaan yang aku impikan sejak lama, yaitu bekerja di Jakarta.

Singkat cerita, ketika aku dipanggil keruang interview, aku bertemu dengan senior content, manager dan HRD perusahaan. Guess what??!! Managerku bilang "Septi, sebenarnya saya mau test Septi nulis, tapi lihat blog Septi saya yakin banget pasti Septi cinta banget sama nulis, kan?" Aku tersipu sekaligus bersyukur telah mengenal dunia blogging saat aku tengah duduk di bangku SMK.

Dan, aku diterima karena aku seorang blogger dan suka nulis di blog! Awwwww... Sebagai syarat wajib, aku diminta untuk menuliskan kisah sederhana sebagai syarat sah interview siang itu. Aku lantas memiliki jabatan sebagai content writer di perusahaan di Jakarta pada hari dimana aku interview tanpa harus menunggu sampai 2 minggu hingga 1 bulan karena aku seorang blogger. I'm proud of being blogger! ^^


Jakarta mengenalkanku pada banyak hal tentang dunia kepenulisan yang aku alpa di dalamnya. Aku belajar banyak hal baru semenjak bergabung menjadi bagian dari tim konten. Aku belajar tentang bagaimana memilih dan memilah istilah yang tepat, bagaimana menulis singkat rapi atau menulis panjang tetapi tidak bertele-tele dan bagaimana membuat pembaca jatuh cinta dengan karakter tulisan kita. Yaaa, kayak yang kalian baca sekarang ini gengs! Heheu :) Kalian jatuh cinta nggak sama tulisanku? Ah elah genit amat ini bocah HAHAHA

But, seriously! Jakarta teach me a lot of things. I'm feeling like I'm the new one. Lebih dari apa yang aku bayangkan, aku jadi mengerti tentang dunia periklanan yang teramat sangat dekat dengan dunia kepenulisan. Satu yang nggak bisa aku lupa adalah ketika managerku bilang "Konten itu cuma dasar, pengembangannya banyak sekali. Jadi, kalau Septi mau benar-benar jadi hebat, Septi harus jadi penulis hebat dulu." Well noted, mas! I've been do it and here I am right now :)

Setelah memahami tentang dasar-dasar kepenulisan dengan caci maki sebagai makanan sehari-hari, aku dihadapkan pada dunia Search Engine Optimisation, Search Engine Marketing, Social Media Management dan Digital Marketing alias dunia periklanan yang sejak dulu kala aku idam-idamkan. Yup, aku mengincar posisi ini sejak lama. Aku belajar dengan otodidak demi bisa duduk di kursi panas dan menjabat sebagai seorang Digital Ads Specialist. Uwuwuwuw rasanya kayak naik roller coaster ternyata menjadi seorang pengiklan yang mengelola konten klien untuk bahan iklan demi bisa meningkatkan awareness, reach, engagement dan impression. Duuuuhhh ini istilah emang bikin pusing :)



Time flies..
Ibuku memintaku untuk kembali ke Semarang. Dan bagiku tidak mudah untuk kembali dari perantauan ke tempat asal yang tidak jauh lebih maju dari Jakarta. Sedih, depresi dan tentu saja bingung harus menjadi seperti apa. Tapi bersyukur, aku sudah mengantongi cukup ilmu untuk bisa membuatku menjadi seseorang yang cukup bisa berdikari dengan profesiku, yaitu menjadi seorang blogger dan digital nomaden. Euuuhh istilahnya aneh-aneh banget, ya! Hahaha maapkeun. Dunia digital marketing memang sungguh bikin pusing tujuh keliling :))

People Change..
Ada beda dari Semarang dan Jakarta. It feels like Jakarta beat drive me crazy and Semarang make me crazy because I can't doing anything here. Oh God! I'm feeling so down live back to Semarang. Aku beradaptasi setengah mati, sebab biasanya di Jakarta hidupku penuh tekanan, aku dipaksa untuk bisa hidup dengan pace yang luar biasa cepat, waktu yang hampir tiada liburnya dan tentu saja lingkungan yang membuatku harus bisa menguasai banyak hal karena aku tidak akan menjadi siapa-siapa jika aku tidak menguasai apa-apa.

Tapi, Semarang membuatku menjadi seseorang yang lebih santai untuk bisa menikmati hidup. Bebas dari hiruk pikuk kota yang macet, orang-orang yang 24 jam hidupnya di jalan dan tentu saja Semarang tidak membuatku tertekan akan istilah-istilah aneh dalam dunia digital marketing ini. Eheu ternyata semua kota memang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya :))

Digital Improve..
Digital yang kukenal dulu dan sekarang berbeda. Aku sungguh seperti terseret arus dan harus bertahan demi bisa berenang ke tepian *halah drama HAHAHAHA. Aku mengenal digital sebagai tempat dimana personal branding dibentuk, portfolio disampaikan tanpa harus bertatap muka dan tentu saja membangun sosialisasi lewat social media tanpa harus saling tahu dalam dunia nyata.

It's time to challenge myself to be a better me. Sebagai manusia yang cinta dengan tantangan aku menantang diriku sendiri untuk bisa belajar lebih dan lebih dan lebih lagi sampai akhirnya aku memutuskan untuk menjadi seorang freelancer alias digital nomaden, yaitu orang yang bisa bekerja di berbeda tempat. Yesss, bekerja dimanapun, masuk ke bidang apapun untuk bisa mengerti segala macam hal dan bertemu dengan orang dengan berbagai macam bentuk. Yeah, please let me introduce myself that I'm a content creator. Someone who create content in any way. 


Punya basic sebagai seorang blogger tidak lantas membuat pekerjaan sebagai content creator lebih mudah. Heeeyyyyyy!! Ngeblog itu nggak cuma sekadar nulis, apalagi jadi content creator :))))
Kadang suka gemas sama teman-teman yang menganggap bahwa pekerjaan sebagai seorang content writer, copy writer, advertiser dan content creator itu cuma sebatas NULIS DOANG. Yaiyasih cuma nulis, tapi nulis itu juga butuh skill alias nggak bisa sembarangan nulis :))

Apalagi, setelah memutuskan menjadi seorang digital nomaden alias orang yang kerjanya pindah-pindah, aku jadi punya tuntutan kepada diriku sendiri untuk bisa bekerja secara mandiri dimanapun dengan laptop yang harus selalu on setiap waktu karena aku harus siap kapanpun klien atau partner kerjaku membutuhkanku.


Selain itu, aku juga harus punya kemampuan yang nggak cuma sekadar nulis. Aku dituntut untuk bisa fotografi, videografi, editing foto dan video, desain grafis sampai harus bikin sketch atau typography ala ala untuk bisa mendukung segala sesuatu yang bisa menjadikan kontenku makin kece dan ciamik.

Yaaahhhh for the sake of content I have to be a good content creator too, right? Simple, kenapa harus bisa semuanya? Karena ngrepotin orang lain itu nggak gampang, belum lagi kalau yang direpotin pas nggak bisa. Duh, pokoknya jadi content creator itu nggak bisa bergantung sama orang lain. Belum lagi idealisme diri yang kadang gede banget. Uh! Minimal kalau mau jadi content creator itu menguasai basic dari berbagai macam hal, deh pokoknya heheu :))

That's why, biarpun nggak professional banget, setidaknya aku bisa membuat produksi kontenku semakin kaya dengan beragam jenis konten, seperti tulisan, foto, video, atau sekadar desain infografis apa adanya mueheheh yang penting nggak kosongan aja! :))

Pernah nggak sih punya pengalaman yang super duper mengesalkan saat laptopan? Yes, tiba-tiba laptop force close padahal banyak file yang belum disimpan! Nyesek beb :") Sedihnya nggak ketulungan kalau sampai harus mengulangi segala sesuatu dari awal. Aku selalu halu punya laptop yang dibekali dengan processor AMD APU A10-8700P dan GPU AMD Radeon R6 M340DX 2GB.

Boro-boro force close, kalau laptopnya sudah dilengkapi dengan processor ciamik tersebut nge-lag aja udah nggak mungkin banget hahahaha. Prosesornya aja bisa buat main gaming. Kebayang kan kalau cuma buat software content creator macam rentetan keluarga Adobe mah keciiiillll. Apalagi buat nonton film atau video? Wuuuhhhhhh jangan salahhhh bisa wuswuswus ini mah.. Enteng pisaaannnn :))


Cuma aku suka parno kalau laptop bagus itu biasanya berat dan bikin capek kalau dibawa kemana-mana alias nggak bisa menunjang mobilitasku yang luar biasa kayak belut kepanasan ini heheu. Iyak! Anaknya nggak bisa diem banget buset dah hahahaha. Pagi dimana, siang dimana, sore dimana, malam dimana, hari ini dimana, besok dimana, lusa ehhh udah pindah kota lagi. Emang dasar cacing kepanasan! Heheheu :))

Makanya aku punya angan-angan banget bisa punya laptop yang slim, desainnya kece dan hmmm harus bikin aku ngerasa prestige karena laptopnya membuat setiap pasang mata jatuh cinta. Cieeeee ah ini obrolannya kemana-mana banget yah hahaha. Jadi kebayang sama desain ASUS X555 seriesyang luar biasa menggoda kannnn hmmmm...


Ya gimana dong, nggak cuma unggul di performa, laptop ASUS X555 nggak cuma unggul di performa dan desain yang nyaris sempurna. Laptop ini bahkan punya keyboard yang terbuat dari alumunium dan bisa menyerap panas. Nah loh, makin betah laptopan nggak tuh ceunah!!! Belum lagi, baterai laptop ASUS X555 ini non removable yang artinya nggak ada tuh laptopnya benjol karena ada bagian baterai yang menonjol terlihat dan kadang justru mengganggu. Ringkas banget, kan?

ASUS X555 punya baterai jenis Li-Polimer yang daya tahannya 2,5 kali lebih kuat dibandingkan baterai Li-Ion Silinder. Bahkan setelah diisi ulang hingga ratusan kali, baterai ini tetap dapat menyimpan sampai 80% dari original kapasitasnya. Kita nggak sering cari colokan deh kalo mau kerja.

Parahnya, si ASUS X555 series ini baterainya adalah jenis Li-Polimer yang tahannya bisa 2.5 kali lipat lebih kuat dibandingkan dengan baterai Li-Ion Silinder di pasaran. Nggak ada ceritanya nyari colokan pas lagi nongkrong-nongkrong cantik deh pokoknya! :))

Gokilnya lagi, Asus X55 ini sudah dilengkapi dengan teknologi IceCool yang dirancang untuk mengatasi overheat yang biasa menyerang laptop pada umumnya. Teknologi ini mampu menjaga temperatur notebook di antara 28-35 derajat. Suatu suhu yang bahkan lebih rendah dari suhu yang dihasilkan oleh tubuh manusia. Kebayang kan nyamannya bisa berduaan dengan laptop berlama-lama tanpa takut laptop jadi panas atau overheat? :))

Detailnya performanya bisa dicek di gambar di bawah ini ya, gengs!



Bisa dibilang, ini laptop impian content creator banget banget banget, sih! Mau diajak nulis hayuk, mau diajak bikin desain hayuuukkk, mau diajak olah digital foto hayuuukkk, mau diajak edit video dan render video ya hayuuuukkk. Pokoknya semuanya hayuuukkk dah!!! Udah paket lengkap pake telor ini mah bisa nulis, ngedit dan olah konten dalam satu perangkat. Yang penting, entengnya itu lhooo bikin cintak!!! Bisa dibawa-kemana mana, tapi tetap bisa diandalkan kapanpun tanpa takut berat dan bikin nggak nyaman heheu.

Anyway gengs, kalian kalau penasaran bisa lihat-lihat Asus X555 ini d Tokopedia, lho! Karena eh karena si ASUS X555 juga dijual di Tokopedia! Asyik kaaann bisa review dulu sebelum beli dan jangan lupakan baca testimoni dan review tentang ASUS X555 ini yaaa. Dijamin kalian yang nggak pengen beli jadi pengen beli dan yang pengen beli jadi tambah nggak tahan buat beli sekarang juga! Ya gimana dong, bagus banget sih barangnyaaa heheu :))


Ini nih yang nggak boleh ketinggalan! KAMERA! Yes, as a content creator kamera harus banget aku bawa kemana-mana. Setiap kali aku menuju suatu tempat barangkali untuk jalan-jalan atau memang khusus untuk take foto aku selalu menyiapkan jepretan terbaik. Tapi yaa kadang memang hasil tidak sesuai ekspektasi kan, ya? HAHAHA

Makanya aku butuh laptop canggih buat membantu aku olah digital foto agar hasilnya makin bagus dan makin siap untuk diunggah ke blog atau social mediaku. Heheu, hidup di sosial media harus sempurna, bukan? Dan Laptop ASUS X555 akan membantu mewujudkanku menjadi sesempurna itu karena kemampuannya yang luar biasa mumpuni bagi content creator sepertiku :))



Last but not least, I always admire a content creator di bidang apapun itu. Bagiku, jadi content creator itu nggak gampang dan bisa jadi bagian mereka itu such a gift, sih karena nggak semua orang bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Repot beb kalau nggak bisa bagi pikiran dan waktu dalam satu waktu. Apalagi kalau deadline menyerang. Euuuhhh jangan ditanya pusingnya heheu!

Aku paling seneng sama content creator yang bisa menciptakan desain dan video. Aku nggak bisa soalnyaaa huhu, nggak pernah bisa bikin desain semaksimal yang mereka bikin :") Pokoknya content creator itu emang juarakkk!!! Btw, kalau sambil ngerjain jangan lupa siapkan cemilan biar nggak bosen, ya! Menghadapi deadline juga butuh tenaga bruh!!! HAHAHAHA

Salah satu proses content creator - sketch gambar dan menemukan ide sebelum akhirnya memvisualisasikan ide tersebut ke dalam gambar yang lebih matang


Tapi tenang, kalau sudah pakai ASUS X555 mah semuanya jadi bereeeeessssss ~


Mau deadline lagi kenceng-kencengnya, semuanya bakalan aman. Laptop X555 kan udah ciamik banget dilengkapi dengan baterai jenis Li-Polimer, Teknologi IceCool, dan Prosesor AMD®Quadcore A10 yang mantap banget untuk mendukung kegiatan content creator yang nggak jauh-jauh dari dunia blogging, editing gambar, rendering video, dan membuat infografis untuk kebutuhan content masa kini.

Jadi kapan kamu punya laptop ASUS X555? :))

Salam,

53 komentar

  1. Emang asus mantep banget kak septi, aku jg pakai itu kok tp kalo aku lebih buat gaming dong hahaha

    Btw, sukses kak buat karirnya di dunia tulis tulisan :)

    BalasHapus
  2. Wohhhh, content creator seperti palugada ya. Harus bisa nulis, desain grafis, riset, foto, dan uwuwuuwu. Ntabz lah Septi~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa lu mau gua ada ya, Kak XD
      Aku mah apa atuh ga sehitz Kak Robit uwuwuwu

      Hapus
  3. Setuju banget, jadi blogger or content creator tidak hanya cuma nulis DOANG, tapi butuh skill bahasa yang benar. Supaya tulisan kita bermanfaat juga kan. Tools yang mumpuni juga perlu punya supaya maksimal nulisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba Nurull.. Sayang banget masih pada meremehken kemampuan contene writer :')

      Semangaaatttt XD

      Hapus
  4. Gue pun bangga bisa kenal dunia ngeblog. Tp knp masih ada aja yg suka meremehkan penulis. Padahal nulis kan juga pake skill, ga semudah berkedip langsung jd tulisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simsalabim jadi apa prok-prok-prok.. Panggil Pak Tarno aja :))

      Hapus
  5. Yang namanya konten emang luas banget. Gk cuma tulisan. Bisa gambar, audio, video, infografis, dan lain lain.

    Dan semuanya memang harus dikuasai sama content creator.

    Dan kedepannya, profesi sebagai CW rasanya semkin digemari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneeerr banget. Multitasking harus bisa ngerjain banyak hal dalam satu waktu yang sama :")

      Hapus
  6. Tulisan ini ternyata bikin gue termotivasi.. bukan cuma gue yg cuma lulusan SMK/SMA. Kadang gue suka mikir, “ah minder banget sama mereka-mereka yg lulusan sarjana”. tapi sekarang, gue juga harus yakin pada diri sendiri, ya. kayaknya gue harus mulai belajar lagi deh, menulis, walaupun hobi, harus belajar lagi dan lagi.

    Thanks, Septi.
    Thanks juga buat Windi yg udah bagi link ini ke gue.

    Tapi, thanks juga kalo mau ajak-ajak gue jadi content creator juga haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa minderrrr? Kita para lulusan SMK punya hak setara dengan para lulusan sarjana kok :))

      Hapus
  7. Septi idoalque kereeeen! 😍😍😍😍
    Moga makin sukses jadi content creator yak. Jadi merasa diingetin mau belajar desakn grafis blm jd terus 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha aku juga gemas sama diriku sendiri mba, susah amat menguasai dunia perdesainan wkwkw

      Hapus
  8. Laki gw juga pake nih sep laptop asus. Mang bagus loh. Bisa di flip 360 drjt dan masih banyak kelebihan lainnya. Keren kerennn

    BalasHapus
  9. Bismillah
    Segera punya nih dan punya nih!
    Hadir ditengah kebutuhan macam oasis haha
    Laptop dengan spesifikasi yang handal untuk bekerja di industri kreatif
    Mantaaabs buk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga bisa beneran punya mas tahun ini heheu :))

      Hapus
  10. Semoga semakin sukses ya mba .. komplit welit deh post ini..jadi mupeng juga dgn Asus nya :)

    BalasHapus
  11. "content writer, copy writer, advertiser dan content creator itu cuma sebatas NULIS DOANG" - duh kok bener bangettt, kudu sering sering berguru nih sama kamu dek :) btw asli yak ASUS X555 kok komplit gini yaa, kudu punyaa nih, plis siapapun kalo mau ngasih kado laptop ASUS X555 diterima dg senang hati hloo. Thanks infonyaa dek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAH emang profesi ini suka dipandang sebelah mana mba hiks :(
      aku juga mau mba ASUSnya hehe semoga bisa punya tahun ini ya Allah :)

      Hapus
  12. Septi mah ga diragukan lagi kalo soal konten. Ciamik abis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe aku tersipu malu loh bacanya mba un :"D makasih mba untari heheu :))

      Hapus
  13. Iyaaa, hidup sempurna seorang blogger memang butuh laptop X555

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. Ah kak Rizka merendah uwuwu makasih kak luuvvv :))

      Hapus
  15. Wah, jempolan nih Mbak Septi. Tingkat pendidikan itu memang belum tentu bisa jadi tolok ukuk skill seseorang ya. Noh, yang s2 itu kalau baca tulisan Mbak Septi, laptopnya langsung dilempar. Hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha makasih mba Ika, jangan dilempar dong, aku juga mau nerima sini sini sini hehehe

      Hapus
  16. Yaampun mbaseeeep! Ini jawaban terlengkap dari pertanyaan yang belom jadi terus aku lontari, "mbasep ini sebenernya siapa? Dan apaan?" Wkwkwk yaampun keren banget siii lulusan SMK bisa jadi kayak mbasep gituu! Btw aku kalo pas presentasi ke sekolah-sekolah khususnya SMK, aku juga selalu yakinin mereka kalo daya saing mereka itu mumpuni jadi nggak masalah kalo memang memutuskan nggak lanjut ke jenjang kuliah. Intinya kuliah kan buat anak-anak sekolah menengah yang belom siap di dunia kerja ya? Lah kalo udah siap dapet duit sendiri mah ngapain kuliah hihi.

    Eh sumpaah kita masih serumpun loh mbaa meskipun jarang ngeblog tapi aku yang selalu nulis semua naskah yang klien-klien aku. Iyaa sering diremehin, kalo denger "yaelah nulis kan tinggal nulis" rasa-rasanya pengen gua jitak itu palanya. Dikira gampang beb~~~

    Aku juga pake asuuuus...notebooknya wehehe karena asli laptop gede suka mager bawanya etapi asus yang ini keren juga yak mbasep? Meskipun udah ada tim sendiri yang tugasnya ngedit-ngedit tapi pengen juga lanjutin skill di dunia editing deeh huhu jadi pingin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw jadi kamu penasaran sama aku dhy? wkwk berasa artis XD

      aku blogger murtad dhy, beda sama kamu HAHAHHAHA.

      Semangat create content yaaa dhy!! :))

      Hapus
  17. Waah.. Kisah dan pengalaman kamu di dunia tulis menulis emang kaya banget ya sep, pantes kontennya pun selalu kaya.

    Harus manggil suhu dong gue yaa. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ampuuuunn blogger kecekuuu yang kerjanya fulltime blogger, Sungkeeemmm :)))

      Hapus
  18. Laptop ASUS jadi salah satu wishlist ku yang harus diwujudkan nih, Sept. Habis, lappiku emang sudah masanya ganti. Sudah tak berdaya dia kalo disuruh kerja berat

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun mbaaa mengidam-idamkan laptop ASUS heheheh doain yah mbaaa :))

      Hapus
  19. keren kak sep! dari dulu pengen bisa nulis tapi susah bgt, jadi ya drama cuma didalam angan, pengen deh bisa luapin tuh kisah hidup gue ke tulisan yang sukur bisa bagus kalo dijadiin film. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nulis tu gampang kak, konsistennya yang susah hahah.
      wah, difilmin bagus sih, tapi harus cari aktor yang bisa menghayati peranmu kak hahahha

      Hapus
  20. Wahab keren banget sep, diterima kerja karena bos sudah list blog Septi sebagai portofolio..semoga menang yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mba dew atas doanya, semoga berkah ya mba doaiiin hehe :))

      Hapus
  21. wow keren nih laptopnya. cocok untukmu, dik. moga rezeki ya :)

    BalasHapus
  22. Asus yah? Hmmmm... Ok lah next project ganti lappy

    BalasHapus
  23. ASUS emang juara banget bisa diandalin untuk bikin konten. Mau nulis, edit video, foto atau design udah paling mantep pake laptop ASUS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiiii dikomen sama content creator beneran ihiw! Jadi maluuu XD

      Hapus
  24. wahhhh menginspirasi bangettt mb, ada rekomendasi kamera buat pemula gak mb??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kamera tergantung budget kak hehehe coba cari komparasi di Google :))

      Hapus
  25. Bener banget, bikin konten menarik bukan hanya soal tulisan sih. Butuh konten pendukung yang juga butuh skill untuk prosesnya. Pas skill udah punya, laptopnya juga kudu support. Kalau enggak mah derita coy 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoii bener banget, ibarat sayur tanpa garam yak hahaha

      Hapus
  26. Tulisan mu seperti biasa sep, mengejutkan diakhir

    BalasHapus
  27. Tiap baca tulisanmu tu selalu seru deh.
    Ini juga,, gara-gara baca sampe habis, mantengin tiap gambar yang ada di postingan ini, aku bawaannya jadi pengen ganti laptop deh.

    BalasHapus
  28. Bagus banget tulisannya,jadi termotivasi buat nulis hahaha :D

    BalasHapus

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^