3 Tips Mantap Bikin Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama!

Mungkin sebagian dari kalian kenalan sama bawang goreng sebagai topping aja. Berbeda denganku yang bahkan bisa menjadikan bawang goreng sebagai salah satu lauk utama untuk teman nasi hangat 😋. Yes, meski cuma bawang goreng, tapi kalau posisinya udah laper, bisa juga jadi lauk utama yang bikin napsu makan meningkat hihi. Emang dasarnya doyan aja, yak! 😄

Topping yang wajib ada di rumah ini biasanya bisa jadi penyelamat kalau lagi masak opor, sop, lontong sayur, nasi goreng, mie goreng, nasi uduk dan banyak makanan lain buat bikin makanan jadi makin lazis ~ Nggak heran, sih. Teksturnya yang renyah dan aromanya yang wangi memang enak banget. Mana cukup cuma sedikit 😅

Bahkan, saking senengnya sama bawang goreng, aku bisa loh ngabisin 1/4kg sendiri sebagai cemilan. Yaaaa sambil dimarahin ibu lah karena gorengnya makan waktu tapi akunya tinggal makan aja wehehehe. Dasar~

Udahan dulu bayanginnya, sekarang kita cobain yuk!

Cara Masak Bawang Goreng Agar Renyah dan Tahan Lama

  1. Siapkan bawang merah 500 gram, garam secukupnya dan minyak goreng.
  2. Iris tipis bawang merah, lalu cuci dengan air mengalir.
  3. Lalu, tiriskan bawang hingga kering. Note: jangan pernah remas-remas bawang agar tidak menghitam saat digoreng, ya.
  4. Untuk memastikan agar bawang kering paripurna, lap bawang dengan hati-hati dengan tisu dapur. Lalu, angin-anginkan dan beri taburan sedikit garam.
  5. Goreng bawang merah kering ke dalam banyak minyak dengan api sedang. Aduk perlahan agar matang secara merata.
  6. Segera angkat bawang goreng ketika warnanya sudah kuning keemasann kering.
  7. Tiriskan di atas tempat dengan alas kertas nasi, biarkan hingga dingin.
  8. Simpan ke dalam toples atau wadah kedap udara.
Bawang gorengnya sudah siap ~

Tinggal masak lauk lalu taburkan sebagai topping atau jadikan sebagai lauk nasi hangat dengan sambal. Nyuummmm 😋

Selamat menikmati!

Tidak ada komentar

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^